Thursday, June 14, 2012

Jilbab/Hijab Bukan Kedok Pencuci Dosa

Views

Gbr dari: id.wikipedia.org

Tersangka buron maling perempuan negeri ini banyak yang berkamuflase dengan memakai pakaian muslimah dadakan, pada saat terjerat sangkaan korupsi skala besar. Mereka agar terlihat alim, baik, diringankan hukumannya, atau mencoba tobat dadakan? Yuk kita simak ulasan dari detik.com kemarin:

Berikut ini beberapa kaum Hawa yang mendadak serba tertutup saat tampil di hadapan publik setelah tersangkut kasus hukum:

1. Neneng Sri Wahyuni

Saat Neneng hendak dibawa petugas KPK dari rumahnya di bilangan Pejaten Barat, Jakarta Selatan, pada Rabu (13/6/2012), ibu tiga anak itu terlihat serba tertutup. Ia mengenakan kaca mata, baju putih, dan berkerudung kotak-kotak seperti motif milik Burberry.

Saat tiba di gedung KPK, Neneng melilitkan kerudung di sekujur wajahnya sehingga hanya menyisakan sedikit ruang untuk matanya. Neneng bahkan terlihat seperti ninja saking tertutupnya penampilan dia.

2. Afriyani

Afriyani yang menabrak 9 pejalan kaki di Tugu Tani, Jakarta Pusat, hingga tewas tampil tertutup di persidangan. Kerudung saat ini seolah tak pernah lepas dari kepala perempuan itu.

Afriyani mengemudikan Daihatsu Xenia pada Minggu 22 Januari 2012 silam. Ia menabrak 12 pejalan kaki dan 9 orang di antaranya tewas. Hasil tes urine menunjukkan Afriyani memakai narkoba.

Atas kelalaiannya tersebut, Afriyani dikenakan dakwaan pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dengan ancaman 15 tahun penjara dan pasal 311 UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. Saat ini sidang atas Afriyani masih berjalan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

3. Malinda Dee

Terdakwa kasus penggelapan dana nasabah Citibank ini mendadak mengenakan kerudung setelah ditangkap karena dugaan penggelapan dana nasabah Citibank. Hanya rambut poni lebat saja yang tak tertutup kerudung. Sebelumnya sosialita yang ditengarai merugikan nasabah Rp 16 miliar ini tak sungkan memamerkan rambut panjang dan mengenakan pakaian yang agak terbuka.

4. Nunun Nurbaetie

Dulu, dalam beberapa kesempatan Nunun memang tampil berkerudung dengan sembulan sebagian rambut depannya. Namun saat ditangkap dan dibawa pulang ke Indonesia oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nunun yang terlibat kasus cek pelawat pemilihan DGS BI, mengenakan kerudung dan masker.

5. Dharnawati

Setelah ditangkap KPK karena dugaan suap di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), Kuasa Direksi PT Alam Jaya Papua, Dharnawati tampil beda. Dia kini mengenakan jubah panjang, jilbab hitam dan bercadar.

6. Yulianis dan Oktarina Fury

Salah satu saksi dalam kasus suap Wisma Atlet SEA Games, Yulianis, juga berjilbab dan bercadar. Dia tampil konsisten saat menjadi saksi kasus suap Wisma Atlet SEA Games dengan terdakwa Mindo Rosa Manulang, M El Idris dan Wafid Muharam.

Menurut Rosa, Yulianis sebelumnya tak berjilbab dan bercadar. Kuasa hukum Rosa bahkan pernah meminta Yulianis yang saat itu menjadi saksi bersama OktarinaFury -yang juga berjilbab dan bercadar- untuk melepas cadarnya. Hal itu dilakukan karena Rosa ragu-ragu bahwa saksi tersebut benar-benar Fury dan Yulianis. KPK menyebut penampilan tertutup itu bagian dari upaya perlindungan saksi.

7. Imas Dianasari

Hakim ad hoc Pengadilan Hubungan Industri (PHI) Bandung, Imas Dianasari, juga mengubah penampilan setelah menjadi tersangka dugaan uang suap Rp 200 juta dari Manajer PT Onamba, Odi Juanda. Dia selalu tampil dengan jilbab di kepalanya, padahal sebelumnya Imas selalu memimpin persidangan tanpa jilbab.

Selain mereka, artis Luna Maya dan Cut Tari pun tampil beda saat menjalani pemeriksaan di kepolisian terkait video asusila yang melibatkan penyanyi Ariel. Pakaian seksi yang biasa akrab di tubuh mereka mendadak berganti dengan pakaian tertutup dan kerudung di kepala.

Bagi beberapa orang, kerudung maupun jilbab kini tak lagi simbol religiusitas. Alih-alih untuk menjalankan syariah Islam, kerudung kini digunakan untuk menyembunyikan wajah dari sorot mata publik.
Live-XL BlackBerry®

Share on :
Bookmark and Share
| Thursday, June 14, 2012 | 0 komentar

0 komentar:

Post a Comment

 
""
Scroll Sampai Kebawah Untuk Ikut Polling Mingguan