Wednesday, May 9, 2012

Punya Tato (Permanen) Itu Lebih Banyak Rugi atau Untungnya?

Views

Jakarta, Secara sosial, punya tato kadang merugikan karena sering dianggap seperti preman di mata orang kebanyakan. Namun secara medis dan psikologis, punya tato tidak selalu merugikan bahkan terkadang malah memberikan keuntungan tersendiri.

Dokter kecantikan dari Skin Plastic Surgery and Aesthetic Clinic RS Siloam Kebon Jeruk, dr Andriawati Soewono mengatakan tato terkadang memang memiliki risiko kesehatan. Jika pengerjaannya tidak steril, risikonya adalah penularan penyakit termasuk Human Imunnodeficiency Virus (HIV).

Risiko lainnya adalah jika memiliki alergi terhadap tinta tato, sebab bisa menyebabkan kulit kemerahan dan gatal-gatal. Meski mengimbau para penggemar tato untuk waspada, dr Andriawati tidak ingin menyimpulkan bahwa tato identik dengan efek merugikan.

"Sebenarnya asal pengerjaannya steril dan tidak punya alergi dengan tinta tato, saya pikir tidak ada masalah," kata dr Andriawati saat diwawancarai di RS Siloam Kebon Jeruk, seperti ditulis Rabu (2/5/2012).

Malahan, di luar negeri tato bisa dimanfaatkan untuk keperluan medis. Para pengidap penyakit kronis sering membuat tato yang menggambarkan kondisinya, misalnya tulisan 'I am Diabetic' sehingga saat terjadi sesuatu maka dirinya bisa mendapat pertolongan yang tepat.

Sekedar untuk diketahui, tato permanen memiliki berbagai keuntungan dan kerugian sebagai berikut, seperti yang pernah ditulis detikHealth sebelumnya:

Kerugian memiliki tato permanen
1. Rasa sakit yang harus dirasakan oleh seseorang saat membuat tato karena pembuatannya menggunakan jarum berisi tinta sesuai warna yang diinginkan.
2. Mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat tato.
3. Bersifat permanen sehingga tidak bisa dihilangkan dengan mudah, jika ingin menghapusnya tidak selalu berhasil 100 persen dan harganya pun sangat mahal.
4. Setelah bertahun-tahun warnanya bisa memudar atau muncul garis-garis patahan dari gambar tersebut.
5. Mode dan tren selalu berubah-ubah, bisa saja saat ini gambar tersebut sedang tren tapi bisa menjadi hal yang kuno beberapa tahun ke depan.
6. Mungkin tato akan terlihat menarik saat masih berusia 20-an tahun, tapi akan menjadi hal yang aneh setelah berusia di atas 50-an tahun.
7. Ada risiko infeksi dari setiap pembuatan tato, seperti dari jarum yang tidak steril atau tinta yang dipakai mengandung zat-zat berbahaya.

Keuntungan memiliki tato permanen
1. Tato bisa mengekspresikan pribadi, seni atau pesan yang bermakna bagi sang empunya tubuh.
2. Ada kepuasan tersendiri jika memiliki sesuatu yang berbeda dengan orang lain.
3. Tato bisa menjadi ciri khas dari seseorang.
(up/ir) sumber

Foto-Foto Tatoo Extrem dari Seluruh Dunia:





Share on :
Bookmark and Share
| Wednesday, May 9, 2012 | 0 komentar

0 komentar:

Post a Comment

 
""
Scroll Sampai Kebawah Untuk Ikut Polling Mingguan