Friday, May 18, 2012

'21 Jump Street': Film Terkocak Tahun Ini

Views







Sebagai polisi, Schmidt (Jonah Hill) dan Jenko (Channing Tatum) sebenarnya bukan polisi yang hebat-hebat amat. Justru mereka adalah salah satu polisi paling kacau yang pernah Anda temui. Namun, karena masih "lucu" dan segar, mereka ditugaskan untuk menyamar menjadi anak SMA demi menangkap pengedar narkoba jenis baru yang sedang populer.

Schmidt dan Jenko sendiri dulu merupakan teman satu SMA. Tapi, keduanya beredar di wilayah pergaulan yang berbeda. Schmidt seorang nerd sementara Jenko siswa populer. Yang lucu adalah ketika menyamar menjadi anak sekolah lagi, posisi mereka terbalik. Schmidt sekarang dianggap keren oleh siswa-siswa lain, sementara Jenko dianggap aneh. Dan, dimulailah investigasi paling akbar tahun ini.

Sudah lama sekali saya tidak menonton sebuah film yang saking lucunya, rahang saya sampai sakit. Dan, ya '21 Jump Street' merupakan sebuah remake dari sebuah serial TV di era 80-an dengan bintang seperti Holly Robinson, Peter DeLuise, Dustin Nguyen dan, ehm, Johnny Depp. Walaupun saya sering bilang Hollywood sudah kekurangan ide karena me-remake apapun yang bisa mereka remake, '21 Jump Street' ternyata pembuktian bahwa tidak selamanya remake berakhir dengan nanah.

Dengan skrip handal dari Michael Bacall (penulis 'Scott Pilgrim vs. The World'), '21 Jump Street' benar-benar menghibur dari awal film sampai end credits. Bekerja sama dengan Jonah Hill, Bacall memberikan sebuah petualangan polisi yang kocak dan juga drama yang sangat relatable. Tidak berhenti sampai di situ, saking kreatifnya Bacall dan Hill juga memparodikan film-film sejenis hingga bikin film ini jadi gila saking kocaknya. Tidak hanya (sesama) film remake yang mereka tertawakan, tapi juga hal-hal klise seperti adegan balapan di jalan tol, yang menjadi salah satu adegan kocak paling memorable dari film ini.

Sutradara Phil Lord dan Christopher Miller (Anda mungkin sudah melihat karya mereka melalui film animasi berjudul 'Cloudy With A Chance of Meatball') menyutradarai film ini dengan semangat yang sama meledak-ledaknya dengan aksi Schmidt dan Jenko.

Jonah Hill yang kemarin baru saja mendapatkan nominasi Oscar pertamanya melalui 'Moneyball' memang sudah tidak usah diragukan lagi kemampuan aktingnya dalam dunia komedi. Mulai dari 'Superbad' yang liar tak terkendali sampai 'Get Him to the Greek' merupakan bukti tak terbantahkan bahwa Hill adalah salah satu komedian muda paling berbakat saat ini. Setiap momen Schimdt dalam film ini ditampilkan sempurna oleh Hill.

Tapi, tentu saja yang mengagetkan adalah Channing Tatum. Sebagai seorang aktor yang mengandalkan fisiknya untuk bertahan di bisnis hiburan, Tatum ternyata menyimpan sisi komedi yang brilian. Secara teori duo Tatum dan Hill sepertinya tidak akan cocok. Tapi, kenyataannya Tatum bermain sangat oke dan lepas sehingga saya tidak bisa membayangkan siapa lagi yang bisa mendampingi Hill untuk bermain dalam film ini.

'21 Jump Street' terlalu berharga untuk dilewatkan. Dengan deretan komedian handal yang ikut meramaikan film ini mulai dari Chris Parnell, Rob Riggle, Ice Cube sampai cameo singkat namun super berkesan dari Johnny Depp, film ini akan mengajak Anda untuk ikutan berpesta seperti anak sekolahan. Ada yang kurang dari itu semua? No. So, lets go to the party and get drunk! Yeah!

Candra Aditya penulis, pecinta film. Kini tengah menyelesaikan studinya di Jurusan Film, Binus International, Jakarta

sumber

Share on :
Bookmark and Share
| Friday, May 18, 2012 | 0 komentar

0 komentar:

Post a Comment

 
""
Scroll Sampai Kebawah Untuk Ikut Polling Mingguan