Wednesday, April 18, 2012

Dunia Mengenang 100 Tahun Tragedi Titanic

Views

Berbagai acara banyak dilakukan di belahan dunia untuk memperingati 100 tahun tragedi tenggelamnya kapal RMS Titanic pada tahun 1912 tanggal 15 April. Perjalanan kapal RMS Titanic dari pelabuhan Southampton Inggris menuju New York berakhir pada pukul 02.30 waktu setempat.  Titanic tengelam 4 kilometer di dasar laut Samudra Atlantik.




Namun, apa yang sebenarnya terjadi? Bagaimana persisnya kapal raksasa itu tenggelam? Mengapa jumlahnya begitu banyak? Seperti apa suasana detik-detik terakhir sebelum kapal itu ditelan kegelapan abadi? Korban yang tewas berjumlah 1514 orang.

Titanic tenggalam pada awal 1912 pada saat bulan berada di titik terdekat bumi dalam 1400 tahun terakhir. Konfigurasi posisi Bulan dan Matahari menyebabkan gaya gravitasi mereka lebih kuat dari biasanya. Akibatnya air pasang lebih tinggi dab banyak gunung es terark lebih ke selatan dari posisi seharusnya di bagian utara Atlantik, termasuk kejalur pelayaran Titanic.

Davjd Olsiin, ahli fisaka yang mmemimpin tim ahli forensik astronomi mengatakan, kondisi di luar kelaziman itu tak diketahui Captain Edward Smith dari Titanic sehingga ia mengaikan lebih dari 30 peringatan soal gunung es. Smith mungkin tidak pernah percaya gunung es akan berada tepat di depan kapal sehinga menjalankan kapal dengankecepatan 21 knot (39 kilomter per jam).

Share on :
Bookmark and Share
| Wednesday, April 18, 2012 | 0 komentar

0 komentar:

Post a Comment

 
""
Scroll Sampai Kebawah Untuk Ikut Polling Mingguan